PENYALURAN KAMBING BANTUAN KETAHANAN PANGAN DANA DESA TA 2023SA

Alfa 12 Oktober 2023 11:10:48 WIB

Candirejo (SID) - Sebagai amanat Peraturan Presiden tentang Rincian APBN Tahun Anggaran 2023, salah satu prioritas penggunaan Dana Desa adalah untuk ketahanan pangan dengan besaran minimal 20 persen dari total pagu yang diterima Desa. Melalui kebijakan ini diharapkan Pemerintah Desa dapat melaksanakan kegiatan yang sesuai dengan potensi desanya. Bagaimana dana Desa dipergunakan untuk kegiatan tergantung pada hasil musyawarah Desa. 

Ketahanan pangan menurut Kepmen Nomor 82 Tahun 2022 tentang pedoman ketahanan pangan di desa adalah kondisi terpenuhinya pangan bagi masyarakat desa sampai dengan perseorangan yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya aman dan terjangkau serta tidak bertentangan dengan agama keyakinan dan budaya masyarakat. Tujuan Desa tanpa kelaparan, Desa sehat dan sejahtera, Tujuan infrastruktur dan inovasi Desa sesuai kebutuhan, Tujuan Desa peduli lingkungan laut, Tujuan desa peduli lingkungan darat, Tujuan kemitraan untuk pembang desa dan tujuan kelembagaan Desa dinamis dan budaya Desa adaptif.

Berlokasi di halaman Aula Balai Kalurahan Candirejo dilaksanakan penyaluran bantuan ketahanan pangan berupa 186 kambing dilakukan secara bertahap. Rabu (11/10) disalurkan untuk 7 kelompok di 7 Padukuhan. Sebelum disalurkan, Lurah Candirejo beserta Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) melakukan sosialisasi dan menginformasikan juknis kepada kelompok agar kedepannya pengembangan ternak kambing dapat berjalan dengan baik.

Program ketahanan pangan menjadi salah satu prioritas nasional dalam RPJMN 2020-2024. Sebagai panduan Desa diterbitkan Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 7 tahun 2021 tentang prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2022, Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 8 tahun 2022 tentang prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2023 serta  Keputusan Menteri Desa nomor 82 Tahun 2022 tentang Pedoman Ketahanan Pangan di Desa.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar